Sabtu, 21 April 2012

Rangkaian Tone control

Berikut ini Gambar skema Rangkaian Tone Control beserta komponen dan cara pembuatannya

Rangkaian tone control ini adalah  rangkaian kontrol nada audio stereo  yang dibangun berdasarkan IC LM1036. Rangkaian ini akan mengpntrol tingkat nada  bass / treble, volume dan keseimbangan antara saluran kanan dan saluran kiri (masukan 1 dan 2). Anda dapat menggunakan rangkaian  ini untuk aplikasi stereo seperti radio mobil, TV dan sistem audio, MP3 player, DVD player, iPod dan banyak lagi. Masukan kontrol tambahan memungkinkan kompensasi kenyaringan sedikit berpengaruh. Rangkaian ini akan bekerja dengan sumber tegangan 9V – 15V DC.
Kontrol nada adalah jenis pemerataan digunakan untuk membuat frekuensi tertentu dalam audio dengan  sinyal lebih lembut atau lebih keras. Rangkaian tone control adalah sebuah sirkuit elektronik yang terdiri dari jaringan filter yang memodifikasi sinyal sebelum diumpankan ke speaker , headphone atau perangkat perekaman dari sebuah penguat .
Rangkaian Tone Control aplikatif  Tone Control Rangkaian Tone Control Kontrol Nada
IC LM1036 mengontrol nada (bass / treble), volume dan keseimbangan rangkaian untuk aplikasi sistem stereo di mobil radio, TV dan audio. Empat input kontrol memberikan kontrol bass, treble, keseimbangan dan fungsi volume  melalui penerapan tegangan DC dari sistem remote kontrol atau, alternatifnya. Dari empat potensiometer yang dapat menjadi bias dari pasokan diatur zener. Setiap respons nada didefinisikan oleh sebuah kapasitor tunggal dipilih untuk memberikan karakteristik yang diinginkan.
Fitur yang tersedia :
  •  Sumber tegangan  9V – 16V.
  •  Rentang kontrol volume besar, 75 dB.
  • Kontrol nada, ± 15 dB.
  •  Saluran pemisahan, 75 dB.
  • Distorsi rendah , 0,06%  untuk tingkat input 0,3 Vrms.
  • Beberapa komponen tambahan diperlukan beberapa.
Untuk kesempurnaan sound sistem yang sesuai dengan selera Anda diperlukan rangkaian tone control.

0 komentar:

Poskan Komentar