Sabtu, 21 April 2012

Gambar skema Rangkaian Bel Sentuh Bersuara Musik beserta komponen dan cara pembuatannya


Rangkaian Bel Sentuh. Bel. Anda pasti pernah mendengar kata itu atau bahkan pernah memencetnya. Yap bel banyak sekali kegunaannya. Bel umumnya dipakai sebagai sebuah indikator atas isyarat tertentu pada sebuah tindakan. Bel ini sering dipasang di pintu rumah, di sekolah, kantor atau pabrik-pabrik. Kalau bel di pasang di pintu rumah tujuannya adalah untuk mengetahui keberadaan tuan rumah atau tamu. Di sekolah penggunaan bel ditujukan untuk penanda dimulai dan berakhirnya kegiatan belajar mengajar.
Nah, kami sekarang ingin menampilkan bel yang lain dari pada yang pernah Anda lihat di web site kebanyakan. Ini dia Rangkaian Bel Sentuh. Untuk lebih mantapnya bisa Anda lihat dan pelajari gambar skemanya di bawah ini.


Berikut ini adalah komponen-komponen yang sangat diperlukan untuk merakitnya :
R1 = 100K
R2 = 100K
C1 = 47pF
Q1 = BC147
Q2 = BEL 187
D1 = 1N4007
IC1 = UM3481
K1 = 8 Ohm 2 Watt
B1 = 3 Volt
Rangkaian ini menghasilkan nada musik setiap kali seseorang menyentuh titik sentuhan yang ditujukan sebagai TP di rangkaian. Rangkaian dapat bekerja dengan baterai (dua sel AA) dan menghasilkan cukup suara.
Rangkaian Bel Sentuh ini menggunakan IC UM 3481 yang umum digunakan di sirkuit musik. IC berisi ROM dengan 512 catatan musik, tone generator, generator irama, modulasi, kontrol lari, osilator, pembagi frekuensi dan preamplifier. Jadi jumlah yang sangat sedikit dari komponen yang diperlukan untuk rangkaain ini. C1 dan R1 bertindak sebagai komponen waktu untuk membangun osilator. Transistor Q1 digunakan untuk mendorong pengeras suara. Basis dari transistor Q2 digunakan sebagai titik sentuh untuk memicu bel musik.
  from : http://rangkaianelektronika.net/rangkaian-tone-control.htm

0 komentar:

Poskan Komentar