Minggu, 06 Mei 2012

Mengenal Andromeda (Rasi bintang dan Galaksi)

Readers, pada tahu gak Andromeda itu apa?
-_- jangan di jawab ' nama ke2 dari blog ini Miss'. kalo itu mah udah tau..

Andromeda adalah, sebuah rasi bintang dari 88 seluruh rasi bintang. Nama Andromeda juga merupakan salah satu galaksi di luar angkasa.

Buat Devinisi masing2nya.. Cek it out ya :)

Rasi Bintang Andromeda
Peta Andromeda


Andromeda (IPA: /ˌanˈdrɒmədə/) adalah suatu rasi bintang yang melambangkan putri Andromeda, di langit utara dekat Pegasus. Rasi ini cukup panjang dan redup, membentuk huruf "A". Rasi ini terkenal dengan Galaksi Andromedanya. Nama lainnya untuk rasi ini adalah :



NamaAsal bahasaArti
Virgo Devota[2]Yunani
PerseaLatinPasangan Perseus[2]
Mulier CatenataLatinPerawan yang dirantai[2]
LulimuAkkadiaRusa jantan[1]
LU.LIMSumeriaRusa jantan[1]
CepheisLatinAnak Cepheus[2]
Al Marʼah al MusalsalahArabPerawan yang dirantai


Bintang
  • α And (Alpheratz / Sirrah) adalah bintang paling terang di rasi ini. Bintang ini adalah bintang ganda dengan magnitudo semu 2.06m. Bintang ini membentuk asterisma "Great Square of Pegasus" dengan tiga bintang lain di rasi Pegasus: α, β, dan γ Peg. Oleh karena itu, bintang ini pernah dianggap sebagai anggota rasi Pegasus, dan diberi nama "Delta Pegasi (δ Peg)", namun nama ini sudah tidak digunakan secara resmi.
  • β And (Mirach) terletak pada asterisma "girdle". Bintang ini berjarak 200 tahun cahaya dan bermagnitudo 2.1m.
  • γ And (Almach) terletak pada ujung selatan dari huruf "A". Merupakan bintang ganda dengan warna yang mencolok.
  • δ And (Sadiradra) adalah bintang dengan magnitudo 3.
  • ι And membentuk asterisma "Frederik's Glory" bersama dengan κ And, λ And, dan ψ And,[3] yang dinamai berdasarkan rasiFrederici Honores.
  • υ And: memiliki sistem planet dengan tiga planet, masing-masing 0.71 kali, 2.11 kali, dan 4.61 kali lipat massa Jupiter.
  • ξ And (Adhil) adalah sebuah bintang ganda.
  • n And (33 And) merupakan bekas nama dari M31, Galaksi Andromeda.
  • 51 And pernah dimasukan oleh Johann Bayer ke rasi Perseus dengan nama "Upsilon Persei (υ Per)", tetapi dikembalikan ke Andromeda 

Galaksi Andromeda 
Andromeda Galaxy (with h-alpha).jpg


Galaksi Andromeda (/ ændrɒmədə /) adalah galaksi spiral sekitar 2,6 juta tahun cahaya (2,5 × 1019 km) dari Bumi [4] di konstelasi Andromeda. Ia juga dikenal sebagai Messier 31, M31, atau NGC 224, dan sering disebut sebagai Nebula Andromeda Agung dalam teks-teks yang lebih tua. Galaksi Andromeda adalah galaksi spiral terdekat dengan galaksi kita (Bima Sakti), tetapi tidak galaksi terdekat secara keseluruhan. Ia mendapat namanya dari daerah langit yang muncul, konstelasi Andromeda, yang dinamai setelah Andromeda putri mitologis.Galaksi Andromeda adalah galaksi terbesar dari Grup Lokal, yang juga berisi galaksi kita (Milky Way), Galaksi Triangulum, dan sekitar 30 galaksi yang lebih kecil lainnya. Meskipun terbesar, Galaksi Andromeda mungkin bukan yang paling besar, seperti temuan terbaru menunjukkan bahwa Bima Sakti mengandung masalah yang lebih gelap dan bisa menjadi yang paling besar dalam pengelompokan. [11] tahun 2006 pengamatan oleh Teleskop luar angkasa Spitzer mengungkapkan bahwa M31 berisi satu triliun (1012) bintang: [8] setidaknya dua kali jumlah bintang di galaksi kita sendiri, yang diperkirakan 200-400000000000 [12]. 
Galaksi Andromeda diperkirakan 7,1 × 1011 massa matahari [2] Sebagai perbandingan. Sebuah studi 2009 memperkirakan bahwa Bima Sakti dan M31 sekitar sama dalam massa, [13] sementara sebuah studi tahun 2006 menempatkan massa dari Bima Sakti di ~ 80% dari massa Galaksi Andromeda.Galaksi Andromeda dan Bima Sakti diperkirakan akan bertabrakan dalam mungkin 4,5 miliar tahun. 
Pada magnitudo tampak sebesar 3,4, Galaksi Andromeda adalah penting karena salah satu objek Messier terang, [14] sehingga terlihat dengan mata telanjang di malam tak berbulan bahkan bila dilihat dari daerah dengan polusi cahaya moderat. Meskipun muncul lebih dari enam kali selebar Bulan penuh saat difoto melalui teleskop yang lebih besar, hanya wilayah tengah cerah terlihat dengan mata telanjang atau ketika dilihat menggunakan teropong atau teleskop kecil. 
nb : karena di Wiki Indonesia belom lengkap, Miss Glitter ambil dari Wikki Bahasa inggris, jadi maklum ya kalo ga jelas ya :)


0 komentar:

Posting Komentar