Sabtu, 12 Mei 2012

Nasa Temukan 26 Planet Baru


NATIONAL Aeronautics and Space Administration (NASA) menemukan 26 planet baru di luar sistem tata surya. Ukuran planet-planet itu bervariasi. Ada yang sedikit lebih besar dari Bumi. Ada pula yang lebih besar dari Yupiter, planet terbesar di Bima Sakti.

NASA menemukan planet-planet itu dengan menggunakan teleskop kepler. Namun, ilmuwan NASA, Doug Hudgins, tak yakin planet-planet itu mampu mendukung kehidupan.


Orbit planet-planet itu, papar Hudgins, lebih dekat dengan orbit bumi yang mengelilingi matahari. "Jadi planet-planet itu cukup panas," papar Hudgins. Ia mengatakan planet-planet itu mengorbit pada bintang yang berukuran lebih besar dari matahari.

Dalam dua tahun sejak Kepler mulai mengamati alam semesta, ilmuwan telah menemukan 61 planet baru. Sekitar 2.300 kandidat planet perlu dikukuhkan melalui pengamatan lebih lanjut.

Melalui teleskop kepler, ilmuwan mengukur variasi waktu transit yang terjadi pada dua planet. Gravitasi membuat satu planet bergerak lebih cepat ketimbang planet lain. Sehingga, perbedaan itu membantu astronom mengukuhkan pengamatan.

"Variasi waktu transit itu menunjukkan bahwa ada interaksi gravitasi dan bahwa mereka pasti planet karena mereka berinteraksi satu sama lain," kata Hudgins.

Menurut Hudgins, pemburu planet memerlukan teleskop agar bisa memisahkan cahaya planet yang lebih redup dari bintangnya yang terang. Selain itu, ilmuwan pun dapat mempelajari spektrum elektromagnetiknya.

Informasi dari spektrum cahaya akan menunjukkan gas apa yang terkandung dalam atmosfer planet, bahkan mungkin beberapa karakteristik permukaannya. "Itu sebabnya kami melakukan ini. Itulah hal yang menarik. Kami mempelajari salah satu pertanyaan paling tua dan paling mendasar, apakah kita sendirian di jagat raya ini?" paparnya lagi.(VOA Indonesia/Wrt1)

0 komentar:

Posting Komentar