Jumat, 06 April 2012

The Golden Compass


Film yang penuh ajaib ini bagus banget, walaupun gak bisa dibanding ama skuel harry potter. tapi Bagus lah, Salah satu film kesukaanku..

Sinopsis




Lyra Belacqua (Dakota Blue Richards) adalah (pura) anak yatim yang tinggal di Jordan College di Oxford dari alternatif semesta. Dalam dunia Lyra, setiap orang yang didampingi oleh daemon, seorang perwakilan dari masing-fisik jiwa dalam bentuk binatang. Karena ia muda, dari daemon Lyra, Pantalaimon (suara: Freddie Highmore) - Pan, untuk jangka pendek - ia dapat mengubah bentuk yang muncul sebagai hewan ia memilih. Dia paling sering muncul sebagai cerpelai, atau memerlukan ngengat atau kucing. Dewasa 'daemon untuk menetap dalam satu bentuk dan tidak berubah.
Lyra overhears wawancara antara Master of Jordan College (Jack Shepherd) dan Fra Pavel (Simon McBurney), seorang perwakilan dari yang kuat dan agama tubuh yg disebut Magisterium. Mereka sedang membahas sebuah ekspedisi ke utara direncanakan oleh jauh dari paman Lyra, Lord Asriel (Daniel Craig); Asriel ingin belajar suatu zat misterius bernama Dust yang seolah-olah untuk memasukkan Lyra dunia paralel dari universes. Fra Pavel tekanan yang Master untuk menahan dia dukungan dari Tuhan Asriel's ekspedisi. The Master menolak, sehingga apabila dibiarkan sendirian di dalam kamar, Fra Pavel racun yang karaf Tokay dari anggur yang telah decanted khusus untuk Tuhan Asriel. 



Tuhan Asriel segera tiba (didampingi oleh para daemon, sebuah snow leopard), dan menuangkan segelas dirinya dari keracunan Tokay, tetapi Lyra muncul dari tempat dia bersembunyi untuk menghentikan dia minum dari itu: dia strip di kaca ke lantai dimana shatters. Tuhan Asriel mengirimkan dia kembali untuk mendengarkan secara diam-diam pada pertemuan yang akan dimulai. The Master dan fellows of Jordan College, plus Fra Pavel, berapat untuk mendengar tentang Tuhan dari Asriel diusulkan ekspedisi dan penelitian di Dust, yang mereka setuju untuk mendanai. Asriel yakin bahwa Dust terhubung dengan salah satu cara untuk mendapatkan satu dari semesta parallel universes lain. Pavel memberitahu Asriel yang berbicara dari Dust adalah bidaah.

Bahkan sebelum kita bertemu Lyra, anak laki-laki dan perempuan telah menghilang, snatched the jalanan. Anak-anak memanggil kidnappers Gobblers. Lyra dan dia teman Roger (Ben Walker) janji satu sama lain adalah bahwa jika salah satu tertangkap, yang lain akan datang untuk menyelamatkan. Malam itu, sementara Lyra adalah makan malam yang diperkenalkan kepada Mrs Coulter (Nicole Kidman), Roger dan teman lain, Billy Costa (Charlie Rowe), diambil oleh Gobblers.

Pada malam, Lyra segera duduk di atas meja dari Master Mrs Coulter ketika tiba, dia ditemani oleh daemon, emas kera. The Master dan semua ulama yang terbukti dalam kekaguman dari dia. Mrs Coulter mengambil tempat duduk di sebelah kanan Lyra, yang paling terkesan dengan kenalan baru dan setuju dgn tdk sabar ketika Mrs Coulter mengatakan ia juga berencana melakukan perjalanan jauh ke utara, dan mengusulkan bahwa Lyra datang bersama dia sebagai asisten. Master yang ternyata adalah terpaksa (oleh Mrs Coulter's pengaruh di tempat-tempat yang tinggi) untuk setuju.

Di pagi hari, sebelum berangkat dari Lyra, yang datang ke Master Lyra dari sedikit ruang di perguruan tinggi dan memberikan dia yang aneh emas instrumen yang disebut alethiometer, atau "kompas emas". Dia memberitahu bahwa dia mampu orang yang benar, tetapi ia tidak dapat kirim dia banyak tentang cara kerjanya. Dia admonishes dia memelihara alethiometer untuk dirinya dan di atas semua untuk tidak membiarkan Mrs Coulter tahu bahwa dia itu.

Lyra menghabiskan beberapa waktu di Mrs Coulter dari perusahaan, pergi ke toko-toko mahal untuk membeli pakaian baru dan restoran untuk makan malam mewah dengan orang. Semua sementara, Lyra menyimpan alethiometer dengannya dalam tas bahu. Suatu hari Mrs Coulter pesanan dia berhenti memakai memikul tas, dan ketika gadis menunjukkan keengganan Mrs Coulter telah dia daemon, emas kera, setengah pegangan Pantalaimon. Lyra berjalan ke kamar itu, sekarang hating Mrs Coulter, yang menyembunyikan alethiometer, kemudian pergi untuk mencari Mrs Coulter pribadi belajar. Dalam limbah kertas bin Pan menemukan kertas yang menunjukkan bahwa Mrs Coulter adalah sangat terlibat dengan lengan yang disebut Magisterium Umum Dewan korban (yang Gobblers!); Bahwa Umum Dewan korban adalah menggunakan anak-anak untuk menyelidiki sesuatu yang disebut intercision, dan bahwa Billy Costa dan Roger dapur boy ada di daftar anak laki-laki yang telah diambil. Segera setelah menemukan ini, menangkap Lyra Mrs Coulter's emas monkey daemon mencoba untuk mencuri di alethiometer. Pan berubah menjadi burung, grabs kembali, dan mereka melarikan diri melalui jendela di lantai atas. They're tertangkap dan diikuti oleh Gobblers, kemudian oleh rescued galak tapi ramah Gyptians, yang telah menonton lebih dari pada Tuhan Lyra Asriel permintaan. Salah satu dari mereka adalah rescuers Ma Costa (Clare Higgins) ibu Billy.

Lyra perjalanan dengan Gyptians dan menjadi berkenalan dengan Yohanes Penerbangan Federal (Jim Carter), tuan dari Gyptians, dan penasihat Farder Coram (Tom Courtenay). Dia belajar bagaimana untuk meminta alethiometer pertanyaan dan bagaimana menafsirkannya dan tanggapan. Dia juga bertemu dengan Serafina Pekkala (Eva Green), queen of the witches, yang memberitahu Lyra bahwa ia adalah subyek yang nubuatan mengenai nasib dunia, agar anak-anak yang kurang sedang berlangsung di Bolvangar di Norroway, dan akan menemukan bahwa Lyra membantu dalam Trollesund, sebuah kota di pantai Norroway. Sementara itu, Mrs Coulter telah dispatched sepasang mekanis spy flies menemukan Lyra. Bila spy flies menemukan Gyptian kapal, Farder Coram menangkap satu dan stempel atas dalam kaleng, menjelaskan bahwa sengat berisi obat tidur. Escapes lain, meskipun itu tidak jelas bahwa tidak ada Mrs Coulter baik.

Ketika mereka tiba di Trollesund, Lyra memenuhi Texan aeronaut Lee Scoresby (Sam Elliot), yang menawarkan untuk membantunya - tetapi pertama dia ingin mendapatkan teman dari satu jam. Teman yang adalah Iorek Byrnison (suara: Ian McKellen), salah satu besar Panserbjørne - berlapis baja es bears - dari Svalbard. Iorek, diasingkan dari rumahnya setelah kehilangan yang berperang, adalah virtual dalam tawanan Trollesund; kota yang mendapat dia mabuk dan mencuri-Nya baja, yang ia cherishes cara manusia menghargai mereka daemon. Sekarang, alkohol dan berputus asa, ia bekerja sebagai montir metalsmith dan dalam pertukaran untuk whiskey. Membaca alethiometer, Lyra belajar yang Iorek Byrnison adalah pewaris takhta Svalbard sampai dia betrayed dan dikalahkan oleh Ragnar (suara: Habib Nasib Nader), yang sekarang raja. Dia juga belajar di mana baja tersembunyi dan memberitahu Iorek, yang menjanjikan dalam kembali ke membantunya menemukan anak hilang. Lee Scoresby dan Gyptians yang menghalangi prajurit yang mencoba untuk menghentikan kembali melahirkan berlapis baja, dan dia Lyra dan sekutunya Maret menuju ke dalam interior Bolvangar.

Ketika mereka perkemahan untuk malam, Lyra teka-teki atas adalah sesuatu yang alethiometer memberitahu dia dan mencari Iorek Byrnison. Dia meminta dia untuk membawa dia ke sebuah lembah di dekatnya, di mana dia menemukan Billy Costa, lemah dan anguished karena ia telah dipisahkan dari daemon. Ini, Lyra menyadari, yang berarti intercision; it's a horrible nasib jadi dia dan Pan can hardly bear untuk berpikir tentang hal ini.

Iorek Byrnison dan mengambil Lyra Billy kembali ke Gyptians' kamp, yang segera setelah ditetapkan oleh garang Samoyed orang yang tinggal di wilayah tersebut. Lyra menangkap mereka dan membawa dia ke Svalbard sebagai korban ke berlapis baja bears. Recalling Mrs Coulter diberitahu bahwa dia Raja Ragnar longs memiliki daemon dari negerinya sendiri, meminta Lyra Pan untuk menyembunyikan dan memperkenalkan diri sebagai Ragnar Iorek Byrnison dari daemon. Karena dia berharap, Ragnar menjadi mati-matian cemburu. Lyra memberitahu dia bahwa jika ia dapat mengalahkan Iorek dalam memerangi tunggal, ia akan menjadi Ragnar's daemon. Ragnar setuju untuk memerangi Iorek Byrnison, dan Iorek gallops di cue, ingin menyelamatkan Lyra. Lyra ketika ia menjelaskan apa yang diatur, apologetic dan takut karena setelah semua berjalan dengan cara itu tampaknya Iorek dalam bentuk yang tidak memerangi, Iorek kejutan itu dengan antusias. Dia tidak ingin lebih dari kehidupan dari kesempatan untuk melawan Ragnar, dan dubs Lyra Silvertongue her for her terampil manipulasi dari perebut-raja.

Iorek dan Ragnar fights membunuh dia oleh feigning yang cedera, maka memukul Ragnar begitu keras kepada rahang flies off. Kemenangan ini memenangkan kembali Iorek Byrnison dari tempat yang sebenarnya sebagai raja yang beruang es, tapi dia meninggalkan kerajaannya untuk menyelesaikan kewajiban itu untuk Lyra. Dia mengambil dia kebanyakan jalan ke stasiun percobaan Bolvangar di tempat anak-anak yang sedang berlangsung, tetapi telah meninggalkan dia dan pergi untuk membantu apabila sebuah jembatan diatas jurang dalam istirahat, meninggalkan Iorek di samping salah.

Di dalam percobaan stasiun, Lyra Roger meminta agar anak-anak lain siap untuk keluar. Dia menunjukkan dia ke kamar di mana ia dapat sendirian dengan alethiometer, tetapi dia harus sembunyi di bawah meja ketika eksperimental stasiun staf dan Mrs Coulter datang in Setelah meninggalkan Mrs Coulter, Lyra dari kaki slips, sehingga dia pergi. She's diambil oleh staf dan dia adalah Pan dan dimasukkan ke dalam perangkat intercision, mesin yang digunakan untuk memisahkan anak-anak dari daemon mereka. Pemisahan hampir selesai ketika Mrs Coulter, cari ketakutan, berjalan di berhenti dan prosedur.

Lyra dan Pan bangun dengan obligasi utuh, dan kelimpungan Mrs Coulter Lyra memastikan bahwa ia aman dan dia tidak akan pernah menjadi sakit. Lyra, penyusutan dari Mrs Coulter, menanyakan mengapa mereka memisahkan anak-anak dari daemon mereka. Mrs Coulter menjelaskan bahwa Dust (yang seolah-olah dia menyamakan dengan aslinya dosa) datang ke dalam dunia panjang lalu ketika orang pertama mendurhakai Authority (Allah). Sementara anak-anak yang kebal dari Dust, ia contaminates dewasa melalui daemon. Tujuan dari penelitian intercision adalah untuk mencegah dari orang yang pernah terpengaruh oleh Dust. (Ini adalah penjelasan yang sedikit lebih enak versi yang diberikan dalam satu tempat yang lebih awal, di mana para pejabat tinggi dari Magisterium, terganggu tentang Jordan College fasik dukungan dari Tuhan Asriel, berharap ke depan akan cetakan ketika intercision populasi yang tidak pernah pertanyaan Magisterium yang kewenangan.) Mrs Coulter mengatakan bahawa intercision tidak terluka - "it's just a little cut."

Jika intercision adalah suatu hal yang baik, Lyra counter, mengapa tidak Mrs Coulter menghentikan dari staf laboratorium yang tepat untuk Lyra? Mrs Coulter mengakui bahwa prosedur yang tidak sempurna namun. Ketika ia menyebut mengambil Lyra rumah, Lyra mengatakan bahwa venomously rumahnya adalah Jordan College. Mrs Coulter menyatakan bahwa dia adalah ibu dari Lyra - sebuah hubungan Lyra menolak - dan bahwa Tuhan Asriel adalah ayahnya. Lyra pretends untuk bekerjasama ketika Mrs Coulter akan meminta alethiometer, tetapi dia bukan yang memberi timah memegang spy terbang. Yang terbang dari sengat knocks out Mrs Coulter dan dia daemon. Lyra escapes lead dan anak-anak keluar masuk ke dalam salju, hanya untuk menunda sabotase yang intercision perangkat yang explodes dalam cara yang sangat memuaskan.

Luar eksperimental stasiun menghadapi anak-anak para penjaga, yang menyerang mereka. Iorek Byrnison campur, namun hampir mengatasi sebelum kedatangan, di dramatis interval, dari Scoresby Lee, yang dipimpin oleh witches Serafina Pekkala, dan Gyptians. Ada yang ganas perkelahian; ketika seseorang dibunuh, mereka daemon disintegrates dalam keramaian dari Dust. Lyra dari teman-teman memenangkan peperangan.

Lyra set off dengan Iorek Byrnison dan Lee Scoresby untuk menemukan Tuhan Asriel, yang telah diambil oleh orang-orang Samoyed. Roger bersikeras pada datang bersama-sama. Sementara itu Mrs Coulter, setelah mengetahui bahwa Tuhan Asriel telah bribed his captors dan menyiapkan laboratorium untuk melanjutkan penelitian tentang Dust, set off untuk menghentikan dia. Pada akhir adegan, Lyra dan Roger menggulung dengan Iorek Byrnison di belakang Bapak Scoresby dari mesin terbang, kepala utara.

******************


film the golden compass ini dibintangi oleh aktor Daniel Craig (Lord Asriel), artis Dakota Blue Richards (Lyra 'Silvertongue' Belacqua) dan artis cantik Nicole Kidman (Marisa Coulter). film ini diproduksi oleh New Line cinema.

lihat the golden compass movie trailer

Film adaptasi dari bagian pertama dari novel trilogi His Dark Materials karya Philip Pullman ini berkisah tentang perjalanan seorang anak kecil, Lyra Belacqua (Dakota Blue Richards) yang sangat jauh menuju ke Utara untuk menyelamatkan sahabatnya.

Film ini akan membawa penontonnya berpetualang pada dunia lain yang penuh fantasi, tempat para penyihir berkuasa. Di sini juga terdapat negeri salju yang dikuasai para beruang serta sebuah dunia di mana manusia memiliki alter-ego atau daemon, dalam bentuk binatang yang merupakan cerminan hidup seseorang.

Lyra hidup dalam sebuah 'dunia' yang unik. Setiap orang dalam 'negerinya' memiliki daemon yang berwujud binatang sebagai sahabat sejatinya. Daemon milik Lyra bernama Pantailamon. Selain dengan Pan, Lyra juga bersahabat dengan Roger, seorang anak pembantu di sekolahnya, dan Billy Costa, seorang anak keturunan Gyptian. Lyra diasuh oleh pamannya, Lord Asriel (Daniel Craig) dan bersekolah di Jordan College di Oxford.

Saat Lord Asriel berkunjung ke Jordan College, Lyra berhasil menyelamatkan pamannya dari upaya pembunuhan oleh antek-antek Magisterium. Lyra pun menduga bahwa motif rencana pembunuhan pamannya lantaran Lord Asriel mengetahui partikel debu bernama Dust. Dust diduga dapat meracuni anak-anak agar kelak berpikiran kritis saat dewasa. Hal yang ditakuti Magisterium.

Suatu hari datang Marisa Coulter (Nicole Kidman) mengajak Lyra pergi ke Utara ke markas Magisterium, untuk menyusul Lord Asriel yang terlebih dahulu pergi untuk meneliti Dust.

Meski awalnya enggan pergi, Lyra akhirnya ikut dengan Marisa. Sebelum pergi Lyra dihadiahi oleh pimpinan Jordan College sebuah alethiometer (golden compass), peralatan yang dapat memberi jawaban atas pertanyaan apa pun dari penggunanya.

Tak dinyana Mrs. Coulter adalah pemimpin Gobblers, sebuah gang penculik anak-anak yang memboyong korban-korbannya ke Utara, markas Magisterium. Mereka menculik Billy dan Roger. Berkat panduan kompas inilah Lyra berhasil lolos dan seterusnya bergabung dengan kaum gipsi dan kaum beruang untuk menyerang Magisterium. Petualangan seru sang bocah pun dimulai.

Film ini diplot oleh New Line Cinema untuk menggantikan trilogi terkenal THE LORD OF THE RINGS yang mendulang sukses besar. The Golden Compass, basis film ini adalah novel pertama dari trilogi His Dark Materials karya penulis Inggris Philip Pullman. Novel ini menerima penghargaan Carnegie Medal dan disebut-sebut sebagai satu dari sepuluh novel anak-anak terpenting dalam kurun 70 tahun terakhir.

Film laga fantasi ini menampilkan animasi dengan teknologi tinggi, sehingga gambar yang dihasilkan bagus sekali. Tak heran, film yang diarahkan sutradara Chris Weitz (AMERICAN PIE) ini menghabiskan dana sekitar US$ 150 juta untuk efek animasi khususnya.


0 komentar:

Posting Komentar